Solusi Rumahan Sebagai Cara Mengatasi Sariawan

Solusi Rumahan Sebagai Cara Mengatasi Sariawan

Kandidiasis oral, juga disebut sariawan, adalah infeksi jamur pada mulut. Itu terjadi ketika ada penumpukan fungsi Candida albicans di lapisan mulut. Kandidiasis oral dapat terjadi pada orang dewasa atau anak-anak. Jika Anda menderita kandidiasis mulut, Anda memerlukan obat antijamur untuk membersihkan ragi. Namun, Anda mungkin dapat menangani kedua gejala tersebut dengan pengobatan rumahan juga.

Sariawan pada pria dan wanita

Sariawan adalah infeksi jamur umum yang menyerang pria dan wanita. Biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi tidak nyaman dan terus kembali. Itu tidak digolongkan sebagai infeksi menular seksual (IMS).

Sariawan dapat mempengaruhi area kulit lainnya, seperti ketiak, selangkangan, dan di antara jari-jari. Ini biasanya menyebabkan ruam merah, gatal, atau nyeri yang bersisik dengan cairan berwarna putih atau kuning. Ruam mungkin tidak begitu jelas pada kulit yang lebih gelap. Sangat penting untuk menemukan cara mengatasi sariawan oral secepat mungkin. Dokter sering meresepkan obat antijamur dalam bentuk obat kumur, pil, atau tablet hisap.

Obat rumahan berikut, yang digunakan sebagai tambahan obat antijamur, dapat membantu meringankan gejala infeksi. Berikut beberapa cara mengatasi sariawan yang bisa Anda coba :

  1. Air Garam

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan. Ini membuatnya menjadi obat rumahan umum untuk banyak masalah mulut. Membilas mulut dengan air garam bisa membantu meredakan gejala sariawan.

Cara :

  • Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat.
  • Kibaskan larutan ke seluruh mulut Anda.
  • Keluarkan larutan garam.
  1. Soda

Membilas mulut Anda dengan baking soda (sodium bicarbonate) dapat membantu mengobati kandidiasis mulut. Dalam sebuah penelitian tahun 2009, para peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida albicans yang melekat pada resin akrilik. Tes ini dimaksudkan untuk mensimulasikan disinfektan gigi palsu harian. Para peneliti menyimpulkan bahwa, meskipun bukan bentuk disinfektan yang paling efektif, soda kue adalah “alternatif yang layak.”

Cara :

  • Larutkan 1/2 sendok teh soda kue dalam 1 gelas air hangat.
  • Kibaskan bilas ke seluruh mulut Anda.
  • Keluarkan dan bilas mulut dengan air bersih.
  1. Yogurt

Yoghurt probiotik mengandung biakan bakteri hidup “baik” yang dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan oral. Sebaliknya, mereka menghentikan pertumbuhannya. Mereka juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat di mulut. Karena lembut, yogurt juga merupakan makanan yang enak untuk dimakan jika Anda kesulitan menelan karena lesi mulut dan tenggorokan yang menyakitkan.

Cara :

  • Makan yogurt beberapa kali sehari pada tanda pertama sariawan oral.
  • Pilih varietas tanpa pemanis karena Candida tumbuh subur dengan gula.
  • Jika Anda tidak menyukai yogurt, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi suplemen probiotik harian.
  1. Jus lemon

Jus lemon dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang membantu melawan jamur yang menyebabkan sariawan. Menurut sebuah penelitian tahun 2009, jus lemon ditemukan menjadi pengobatan yang lebih efektif untuk sariawan oral daripada gentian violet di antara orang dengan HIV. Karena penelitian ini sederhana, penelitian lebih lanjut diperlukan.

Cara :

  • Tambahkan jus 1/2 ½ lemon ke 1 cangkir air hangat atau dingin.
  • Minum ramuannya, atau gunakan sebagai obat kumur.
  • Beberapa orang mengoleskan jus lemon langsung ke lesi sariawan, tetapi keasaman lemon dapat menyebabkan rasa terbakar dan iritasi.
  1. Kunyit

Kunyit mendapat warna kuning cerah dari curcumin. Curcumin adalah senyawa kuat yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi. Menurut penelitian 2010 pada tikus, curcumin dapat mengobati sariawan oral. Studi ini menemukan curcumin sebagai antijamur terhadap spesies albicans dan non-albicans dari Candida, terutama ketika dikombinasikan dengan piperin. Piperine adalah senyawa yang ditemukan dalam lada hitam yang membantu tubuh menyerap kunyit. Penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia.

Cara :

  • Buat “susu” dengan menggabungkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh kunyit pasta (dibeli di toko atau buatan sendiri) dengan sedikit lada hitam dan 1 cangkir air yang disaring atau susu pilihan Anda.
  • Panaskan dalam panci sampai hangat.
  • Kocok adonan di seluruh mulut saat Anda meminumnya.
  1. Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Ini dilakukan dengan mendorong produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi. Ini juga membantu sel-sel ini berfungsi lebih efektif dan melindunginya terhadap molekul berbahaya. Sistem kekebalan yang sehat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh Anda. Meningkatkan asupan vitamin C jika Anda kekurangan dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mengalahkan infeksi.