Selain Mengobati Kaki Terkilir, Inilah 6 Manfaat Kencur

Selain Mengobati Kaki Terkilir, Inilah 6 Manfaat Kencur

Tak hanya sebagai bumbu masakan, kencur rupanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Kencur yang memiliki nama latin kaempferia galangal ini merupakan tanaman herbal yang memiliki rhizome atau rimpang. Manfaat kencur bagi kesehatan memang sudah terkenal, tak heran tanaman obat yang satu ini kerap dipergunakan sebagai obat tradisional.

Khasiat kencur telah dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dalam tubuh, salah satunya mengobati kaki terkilir. Karena kencur dapat berperan sebagai penghangat otot sehingga mampu mengendurkan otot yang tegang karena terkilir. Selain mengobati kaki terkilir, terdapat khasiat kencur lainnya yang tak kalah ampuh. Apa saja?

  1. Mengontrol Kolesterol Jahat

Anda sering mengonsumsi jamu kencur? Rupanya jamu yang terbuat dari kencur bermanfaat untuk membantu produksi empedu dalam tubuh Anda. Cairan empedu dalam tubuh berperan penting sebagai penyerap nutrisi serta penghilang toksin dalam tubuh. Jika makanan dapat terserap dengan baik, kadar kolesterol pun dapat menurun.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Bagi penderita migrain, kencur dapat digunakan sebagai pilihan alternatif penghilang sakit kepala traumatis. Meskipun obat generik terbilang lebih cepat menghilangkan sakit kepala, namun kencur merupakan obat tradisional yang aman tanpa mendatangkan efek samping.

  1. Mengatasi Batuk

Manfaat kencur juga dapat dirasakan oleh penderita batuk, terlebih batuk berdahak. Karena tanaman herbal yang satu ini dapat mendatangkan efek hangat untuk tenggorokan. Anda dapat mengonsumsi satu sendok teh kencur yang telah dihaluskan dengan garam.

  1. Mencegah Kanker Lambung

Kanker lambung dapat terjadi karena bakteri H.pylori yang merupakan salah satu bakteri ganas. Bakteri ini dapat menyerang lapisan lendir lambung dan dinding usus, bukan tak mungkin dapat membahayakan hidup manusia. Bakteri ini bertahan hidup dengan cara mengeluarkan enzim urease yang mengubah urea menjadi amonia lalu menggali dinding saluran pencernaan.

Solusinya, Anda dapat mengonsumsi sari kencur yang dicampur dengan setengah gelas air hangat.

  1. Mengatasi Diare

Kencur rupanya juga bermanfaat untuk mengatasi diare. Sebuah studi oleh International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences membuktikan bahwa penyakit diare dapat diobati dengan mengonsumsi sari kencur. Karena kencur mengandung sitotiksik serta antibakteri yang dapat membunuh bakteri jahat.

  1. Meredakan Maag

Selain itu, kencur juga dapat bermanfaat untuk meredakan maag yang kambuh. Hal ini dikarenakan kencur dipercaya dapat menurunkan asam lambung di dalam perut. Jika asam lambung kembali normal, maag pun dapat teratasi dengan baik.

Bagaimana Membuat Jamu Beras Kencur?

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan cukup mudah, diantaranya kencur, jahe, asam jawa, 50 gr beras, 100 gr gula merah, 750 ml air, gula serta garam.

Anda perlu merendam beras selama kurang lebih 3 jam. Bersihkan kencur dan jahe dengan mengerik kulitnya, setelah itu digeprek. Masak seluruh bahan hingga larut lalu saring (kecuali kencur dan jahe).

Masak kembali dengan penambahan kencur dan jahe hingga mendidih, saring. Beras, kencur, jahe, dan air rebusan diblender hingga halus lalu saring. Beras kencur menyehatkan siap Anda nikmati.

Demikianlah manfaat kencur bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.