Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung

Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung

Perut kembung sering menjadi masalah yang dialami pada bayi. Ada banyak penyebab yang bisa membuat perut si kecil menjadi kembung. Bisa karena salah posisi menyusui atau bahkan karena si kecil mengalami masuk angin. Ketika perut bayi kembung pastinya akan membuat si kecil tidak nyaman dan bahkan bisa menjadi lebih rewel dari biasanya. Tanda si kecil kembung adalah bagian perutnya lebih besar dibandingkan biasanya dan bayi sering buang gas berkali – kali. Jika anda menemukan tanda tersebut maka bisa dipastikan si kecil mengalami kembung. Sebenarnya cara mengatasi perut kembung pada si kecil sangat mudah. Sebelum mengetahui cara mengatasinya alangkah baiknya jika mengetahui penyebab perut bayi kembung.

Penyebab perut bayi bisa menjadi kembung bisa karena salah posisi ketika anda menyusui. Bagi bayi yang masih aktif menyusui maka perlu diperhatikan ketika menyusui si kecil. Jika posisi menyusui salah maka bayi akan menelan banyak udara. Jika hal ini dibiarkan maka kemungkinan si kecil kembung sangat besar. Ubalah posisi menyusui dan posisi dari puting agar udara tidak masuk. Penyebab lainnya adalah seperti meminum – minuman yang tidak seharusnya. Seperti halnya bayi di bawah enam bulan yang hanya boleh menerima ASI saja. Ketika bayi di bawah enam bulan diberikan susu formula ataupun air putih maka bisa membuat bayi menjadi kembung. Hal ini harus diperhatikan dengan baik, sebab sistem pencernaan bayi belum sempurna untuk menerima makanan maupun minuman selain ASI.

Lalu bagaimana cara mengatasi si kecil yang mengalami kembung? Untuk mengatasi perut si kecil kembung sangat mudah, salah satunya menggunakan minyak telon. Minyak telon ini bisa membuat tubuh si kecil menjadi lebih hangat. Perut kembung si kecil ini pastinya berisikan gas yang berlebihan. Sehingga minyak telon yang diusapkan di perut bisa membuat gas dalam perut keluar sehingga perut menjadi tidak kembung. Cara menggunakannya juga sangat mudah hanya perlu menuangkan minyak telon di perut bayi dan memutarnya searah jarum jam beberapa kali, nantinya gas dalam perut akan keluar.

Cara lain untuk mengatasi kembung ini adalah mengusap bagian punggung bayi dengan posisi tengkurap. Anda juga bisa tetap menggunakan posisi terlentang yakni dengan mengangkat kedua kaki si kecil lalu ambil posisi seperti mengayuh sepeda. Lakukan hal ini beberapa kali, gerakan mengayuh sepeda ini mampu membuat bagian perut terdorong dan gas akan segera keluar dari perut si kecil. Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah perut kembung pada si kecil. Jangan mendiamkan perut kembung begitu saja, sudah pasti bayi anda merasa tidak nyaman dengan hal ini.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada si kecil. Penyebab perut kembung si kecil memang ada banyak sekali. Alangkah baiknya jika anda mulai memperhatikan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas. Setelah penyebab anda ketahui maka sebagai langkah awalnya anda harus memperbaiki hal tersebut. Ketika penyebab sudah teratasi maka anda bisa mulai menyelesaikan masalah kembung yang terjadi dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Selain cara di atas masih ada beberapa cara mudah lainnya untuk mengatasi perut kembung untuk si kecil. Setelah melakukan cara tersebut tentu perut si kecil akan kembali ke keadaan semula sehingga tidak akan rewel lagi.