Mengenali Perkembangan Bayi 0 - 12 Bulan Untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

Mengenali Perkembangan Bayi 0 – 12 Bulan Untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

Bayi memiliki tahapan tumbuh kembang yang cepat. Sebagai orang tua, penting untuk mengenali dan mengamati pertumbuhan buah hatinya sebagai dukungan tumbuh kembang si kecil.

Mengetahui setiap tahapan tumbuh kembang anak dapat memberikan respons rangsangan tepat untuk membantu dan memantau proses tumbuh kembangnya. Lalu, apa saja tahapan perkembangan bayi 0 – 12 bulan? Berikut penjelasan detailnya yang dirangkum dari https://merries.co.id/community-parenting/tumbuh-kembang/kenali-tahapan-perkembangan-bayi-usia-0-12-bulan

Bayi Baru Lahir – Berusia 3 Bulan

Setelah lahir, biasanya bayi akan kehilangan berat badan sekitar 10% di hari kedua. Namun, anda tidak perlu khawatir. Hal ini merupakan kejadian normal yang lumrah terjadi pada setiap bayi yang baru lahir.

Kemudian, dalam satu bulan bayi akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Panjang badannya pun juga akan bertambah sekitar 3 hingga 4 cm. Pada usia ini, keadaan mata bayi masih belum fokus dan cenderung juling.

Setelah memasuki usia satu bulan lebih, berat badan dan tinggi badan bayi akan bertambah setiap bulannya. Di usia yang ke 3 bulan, bayi sudah bisa telungkup dan mengangkat kepala. Matanya juga sudah mulai merespons mengikuti gerakan cahaya atau benda sambil memainkan jari.

Bayi Usia 4 Bulan – 6 Bulan

Di usia ini, bayi sudah bisa tersenyum saat dihibur seseorang. Ia juga mulai mengajak bermain dan berbicara kepada orang di sekitarnya. Penglihatannya pun semakin jelas dan jernih.

Perkembangan bayi 0 – 12 bulan pada usia ini terlihat dari kemampuan telungkup dan mengangkat kepala, bayi sudah mampu berguling dan duduk tanpa penyangga. Ia juga lebih aktif berbicara sepatah dua patah kata meskipun belum terlalu jelas.

Bayi Usia 7 Bulan – 9 Bulan

Pada tahap usia ini, si kecil sudah mampu merangkak dengan mendorong badannya menggunakan kaki atau tangannya. Pada usia ini, jangan terlalu sering menggendong si kecil agar terbiasa merangkak di atas lantai.

Kemudian, si kecil juga sudah mampu duduk tanpa harus dipegangi. Bahkan, ia juga bisa belajar berdiri sendiri sembari berpegangan pada suatu benda. Di usia ini, si kecil sudah mengalami puncak keaktifan, untuk itu anda perlu mengawasinya setiap waktu.

Bayi Usia 10 Bulan – 12 Bulan

Bayi memiliki berat badan 3x lipat sewaktu berumur 1 tahun. Di tahapan ini, si kecil sudah bisa memegang beragam benda kecil sendiri. Bahkan, sering kali ia menunjuk benda yang mereka inginkan.

Pada tahapan terakhir perkembangan bayi 0 – 12 bulan, si kecil sudah bisa berjalan sendiri tanpa bantuan orang di sekitarnya. Sebagai orang tua, anda harus selalu siap mengawasi tumbuh kembang anak karena usia ini merupakan usia emas bagi si kecil.

Setiap perkembangan anak akan mengalami perbedaan. Untuk itu, jangan khawatir apabila buah hati anda belum mengalami kemampuan perkembangan tersebut. Tetap dukung tumbuh kembangnya dengan memberikannya perlengkapan bayi berkualitas seperti popok Merries.