Inilah 6 Jenis Kelainan Darah yang Umum Terjadi

Inilah 6 Jenis Kelainan Darah yang Umum Terjadi

Setiap orang yang masih hidup pastinya memiliki darah yang ada di dalam tubuhnya, karena memang cairan merah yang satu ini memegang peranan yang sangat penting dalam tubuh. Ia terbuat dari jaringan hidup, nantinya akan mengalir ke seluruh bagian tubuh dari pembuluh. Terdapat bagian cair dan juga bagian padat yang ada di dalamnya. Termasuk juga terdapat komponen-komponen lain yang ada di dalam cairan merah ini.

Ada berbagai macam fungsi cairan merah di dalam tubuh manusia tersebut, termasuk diantaranya adalah untuk mengangkut zat-zat makanan sampai dengan membawa oksigen. Sedangkan untuk leukosit sendiri dipakai sebagai sistem imuns yang nantinya akan melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi yang akan menyerang. Namun sering kali banyak penyakit atau kelainan yang terjadi pada salah satu komponen penting di dalam tubuh ini. Sehingga nantinya dapat mempengaruhi kinerjanya.

Berikut ini diantara kelainan-kelainan atau blood disorder yang bisa saja menyerang pada manusia, yaitu:

  1. Anemia, kondisi yang satu ini pastinya sudah sering kali Anda dengar bukan, atau justru pernah dialami. Hal tersebut terjadi ketika jumlah eritrosit yang ada di dalam tubuh kurang, dipicu oleh berbagai macam kondisi, seperti diantaranya adalah pendarahan yang berlebihan, kemudian juga kekurangan zat besi yang berfungsi sebagai bahan dalam pembentukan eritrosit ini sampai dengan kekurangan vitamin B12. Biasanya penderitanya akan mengalami beberapa gejala layaknya pucat, lemas, mudah lelah sampai dengan sesak napas.
  2. Anemia apalsik, kondisinya masih sama yaitu tubuh kekurangan eritrosit, hanya saja memang belum diketahui apa saja penyebabnya, namun diduga hal ini disebabkan oleh infeksi dari virus, maupun autoimun, sampai dengan efek samping dari pemakaian obat maupun kemoterapi yang dijalankan, sampai kehamilan.
  3. Polisitemia, kondisi yang satu ini akan menyebabkan penderitanya lebih mudah untuk terkena penyakit jantung, stroke dan sejenisnya yang disebabkan karena cairan tersebut kondisinya terlalu kental, karena sum-sum tulang belakang nyatanya memproduksi terlalu banyak eritrosit dari jumlah yang seharusnya dibutuhkan, sehingga jantung juga harus bekerja lebih keras didalam memompanya.
  4. Leukimia, penyakit yang satu ini disebabkan karena laukosit yang ada di dalam tubuh sifatnya ganas karena diproduksi secara berlebihan dan justru balik dalam menyerang tubuh sendiri, penyakit yang satu ini juga dikenal sebagai kanker dan sifatnya sangat berbahaya.
  5. Limfoma, penyakit yang satu ini juga kanker, namun berkembang pada sistem getah being manusia, biasanya limfosit akan berubah menjadi sangat ganas, menyebar secara abnormal dan juga berlipat ganda secara tidak terkendali. Tak hanya pada limfosit, nyatanya kelainan yang satu ini juga bisa saja terjadi pada eritrosit.
  6. Hemofilia, ini adalah sebuah kelainan bawaan dari lahir, dimana seseorang yang menderita masalah kesehatan ini lebih rentan mengalami pendarahan, diakibatkan oleh rendahnya jumlah protein yang ada di dalamnya, sehingga jika seandainya terjadi luka, maka tidak bisa membeku dengan sempurna akan terus mengalami pendarahan. Bahkan kondisi pendarahan ini bisa terjadi secara tiba-tiba, baik itu yang ada di dalam maupun luar tubuh.

Waspadai jangan sampai kondisi tersebut menyerang Anda, untuk itu maka hendaknya terapkan pola hidup yang sehat. Karena hal ini sangat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda juga. Nyatanya memang masalah yang berhubungan dengan darah ini bisa menjangkiti siapa saja, meskipun sebagian diantaranya sudah ada alternatif pengobatan yang ditawarkan, tetap saja sebaiknya harus dihindari.