Dijamin Aman untuk Si Kecil, Inilah Formulasi Khusus Susu Alergi Susu Sapi

Dijamin Aman untuk Si Kecil, Inilah Formulasi Khusus Susu Alergi Susu Sapi

Alergi memang tampaknya sederhana, tetapi jika dibiarkan akan fatal karena dapat menyebabkan kematian jika dibiarkan. Bayi selain terhitung usia muda, juga dapat mengalami alergi terhadap susu sapi. Apa saja kandungan di dalam susu alergi susu sapi yang diformulasikan untuk bayi yang alergi.

Formula Susu Alergi Susu Sapi

Formula soya (kedelai)

Susu berformula protein nabati dari kedelai adalah susu yang direkomendasikan bagi bayi atau anak-anak yang alergi susu sapi. Kandungan nutrisi susu formula soya hampir sama dengan formula susu standar. Meskipun begitu, Anda harus memastikan Anak Anda tidak alergi kedelai karena sekitar 8-14% bayi alergi susu sapi bereaksi terhadap protein kedelai.

Kandungan phytate dalam susu formula kedelai mampu mempengaruhi penyerapan nutrien dan isoflavonoid sehingga susu formula kedelai tidak cocok diminumkan pada bayi dibawah usia 6 bulan. Dengan demikian, tidak selalu alergi susu sapi selalu cocok diberikan susu kedelai.

Formula Asam Amino (AAF)

Formula susu alergi susu sapi Asam Amino (AAF) adalah formulasi yang di dalamnya mengandung asam amino. Asam amino didapatkan dari pemecahan molekul protein. Dipastikan asam amino ini bersifat non-alergen sehingga anak dengan alergi susu sapi tetap aman mengonsumsinya. Sebuah penelitian menghasilkan bahwa bayi yang memiliki alergi susu sapi ketika diberikan susu formula lain yakni hidrolisis, bayi tersebut mengalami penurunan berat badan dan muncul gejala alergi. Hal sebaliknya ketika bayi tersebut diberikan susu formula Asam Amino (AAF), berat badan bayi meningkat dan gejala alergi berkurang.

Formula susu Asam Amino biasanya disarankan untuk pengobatan tahap awal anak dengan gejala alergi parah seperti anafilaksis, gastro intestinal berat, Heiner Syndromme, Eosinphilic Eosophagitis atau yang berkaitan dengan gangguan pertumbuhan.

Formula hidrolisis

Formula susu ini masih berbasis susu sapi, hanya saja protein pada susu sapi sudah dipecah menjadi partikel yang lebih kecil. Perlakuan ini bertujuan agar protein susu lebih mudah dicerna dan tidak dikenali tubuh sebagai protein berbahaya. Namun demikian bagi bayi atau anak dengan hipersensitivitas tetap bisa alergi dengan formula ini. Jenis hidrolisis susu bisa hidrolisis sebagian atau hiidrolisis seluruhnya. Namun, kebanyakan bayi lebih cocok dengan susu sapi yang terhidrolisis seluruhnya.

Dari jenis formula susu alergi susu sapi tersebut yang paling cocok kebanyakan bayi dan anak-anak adalah berjenis formula Asam Amino. Pada susu formula hidrolisis beberapa bayi masih menunjukkan respons alergi meskipun tidak separah ketika diberikan susu sapi murni. Sedangkan pada susu formula soya, beberapa bayi juga ada yang alergi terhadap kedelai.

Sebagai orang tua anak atau bayi, tentunya untuk lebih meyakinkan sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter agar lebih akurat. Saat ini ada banyak merk susu yang ditawarkan mengenai susu alergi susu sapi. Sebagai orang tua, Anda jangan langsung percaya dengan iklan susu tersebut tapi tanyakan pada ahlinya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat bagi para pembaca!

Deskripsi : susu alergi susu sapi dibuat dengan formulasi yang meminimalkan timbulnya reaksi alergi pada bayi atau anak yang sensitif