Daftar Obat Cacing Anak yang Aman Dikonsumsi

Daftar Obat Cacing Anak yang Aman Dikonsumsi

Tak hanya orang tua saja, si kecil juga rentan terkena masalah cacingan. Ada banyak sekali jenis obat cacing yang dijual di pasaran. Untuk itu, Anda harus waspada dan teliti ketika memilih obat cacing yang aman dikonsumsi oleh sang buah hati. Lantas apa saja sih obat cacing yang aman untuk si kecil? Berikut daftar obat cacing anak yang aman dikonsumsi oleh si kecil.

Obat Cacing Albendazole

Daftar obat cacing anak yang aman dikonsumsi oleh sang buah hati yang pertama adalah Albendazole. Obat cacing yang satu ini bermanfaat untuk mengobati infeksi cacing pita yang disebabkan oleh parasit yang sensitif. Namun perlu untuk diperhatikan, jangan pernah Anda menggunakan obat cacing Albendazole apabila si kecil punya riwayat alergi terhadap obat ini.

Sebelum menggunakan obat cacing Albendazole untuk sang buah hati, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan hanya asal memberikan obat cacing kepada sang buah hati tanpa mengetahui jenis dan dosis obat cacing yang tepat untuk si kecil. Pasalnya obat cacing untuk setiap anak cenderung berbeda-beda.

Obat Cacing Levamisole

Jenis obat cacing yang satu ini biasanya digunakan untuk mengobati infeksi cacing tambang campuran dan infeksi ascariasis. Obat cacing yang satu ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun obat cacing yang satu ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada masa trimester kehamilan yang pertama.

Obat Cacing Pyrantel

Rekomendasi obat cacing yang aman dikonsumsi oleh sang buah hati selanjutnya adalah Pyrantel. Pyrantel merupakan jenis obat antihelmintic atau yang lebih dikenal dengan nama obat anti cacing. Obat yang satu ini sangat efektif untuk mencegah cacing tumbuh dan berkembang  biak di dalam tubuh. obat cacing Pyrantel dapat dikonsumsi untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Pyrantel yang digunakan pada obat cacing yang satu ini bermanfaat untuk mengobati berbagai infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang ataupun cacing kremi. Namun sebelum memberikan obat cacing Pyrantel, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pasalnya obat cacing Pyrantel biasanya tidak boleh digunakan oleh orang penderita liver ataupun orang yang memiliki reaksi alergi terhadap obat yang satu ini. Selai itu, obat ini juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan anak-anak usia di bawah 2 tahun tanpa petunjuk dan resep dokter.

Mebendazole

Obat cacing untuk anak yang satu ini biasanya digunakan untuk mengobati berbagai infeksi cacing tambang, cacing gelang, dan cacing cambuk. Namun sebelum menggunakan obat Mebendazole sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab obat yang satu ini tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak-anak usai di bawah 2 tahun.

Itulah daftar obat cacing anak yang aman untuk dikonsumsi. Meskipun beberapa obat tersebut tergolong aman untuk dikonsumsi, namun ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya infeksi dapat disebabkan oleh beberapa jenis cacing dan obat yang digunakan juga relatif berbeda.