Agar Cepat Ditangani, Deteksi Dini Gejala Penyakit Hepatitis A 

Agar Cepat Ditangani, Deteksi Dini Gejala Penyakit Hepatitis A 

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A pada organ hati. Akibat dari infeksi virus itu, hati mengalami peradangan dan sistem kerjanya pun jadi terganggu. Anda bisa dengan mudah tertular penyakit hepatitis A, misalnya lewat kontak langsung dengan penderitanya. Hepatitis A bisa segera diobati, jika Anda mengenali 5 gejalanya ini sedini mungkin.

  1. Urine yang Berwarna Gelap

Salah satu pertanda bahwa hati telah terinfeksi oleh virus hepatitis A adalah warnanya yang berubah menjadi lebih gelap. Hati memiliki fungsi dalam menyaring cairan yang akan dibuang oleh tubuh, namun karena sistem kerjanya terganggu, proses penyaringan pun jadi tak sempurna. Sebagai tambahan informasi, urine tubuh yang sehat akan berwarna kuning atau pun kuning pucat.

  1. Warna Kulit dan Bola Mata yang Menguning

Hepatitis A juga ditandai dengan perubahan warna kulit dan terutama sekali bola mata menjadi menguning. Hal ini disebabkan karena melimpahnya jumlah bilirubin dalam darah. Bilirubin adalah pigmen berwarna kuning, yang terbentuk saat sel darah dipecah oleh hati. Hati yang seharusnya menyaring bilirubin dari darah untuk membentuk cairan empedu, tak optimal bekerja.

  1. Kulit Jadi Terasa Gatal dan Kemerahan

Gejala selanjutnya dari penyakit hepatitis A adalah kulit yang tiba-tiba saja terasa gatal. Anda patut mencari tahu penyebab rasa gatal ini, apabila Anda sebelumnya tak pernah punya riwayat alergi yang dapat memicu rasa gatal. Rasa gatal yang dipicu oleh hepatitis A disebabkan karena bertumpuknya racun dalam darah. Hati tak optimal menyaring darah dan bilirubin pun bertumpuk.

  1. Nyeri di Bagian Perut atau Abdomen

Nyeri di bagian perut atau abdomen akan kerap dirasakan oleh penderita hepatitis A. Rasa nyeri tepatnya terasa di bagian hati berada. Peradangan yang terjadi di hati merupakan pemicu dari rasa nyeri yang timbul ini. Walau kadang nyeri yang dirasakan tak berlebihan, penderita hepatitis A akan tetap merasa tak nyaman di bagian perut ini.

  1. Feses yang Berwarna Kuning Pucat Seperti Tanah Liat

Selain urine, warna feses pun berubah jika seseorang menderita hepatitis A. Normalnya, feses yang dikeluarkan berwarna kuning ataupun kuning kecokelatan. Warna kuning pada feses ini disebabkan karena bilirubin yang juga sama-sama dikeluarkan oleh tubuh. Namun, karena bilirubin terperangkap dalam darah dan tak bisa disaring oleh hati, warna feses berubah jadi kuning pucat.

Agar penyakit hepatitis A tak berubah menjadi penyakit yang lebih kronis, ada baiknya dilakukan pengobatan sedini mungkin. Pengobatan ini tentunya hanya bisa dilakukan, jika penderitanya sadar bahwa ia memang menderita hepatitis A, terlihat dari gejala yang muncul. Untuk mengetahui lebih banyak lagi informasi mengenai gejala hepatitis A, Anda bisa membacanya langsung di parenting.orami.co.id.