Cara Hemat Konsumsi Daya Listrik Freezer Box

Cara Hemat Konsumsi Daya Listrik Freezer Box

Freezer box merupakan salah satu jenis perlengkapan rumah tangga dan bisnis yang dipercaya memiliki kemampuan menghemat daya listrik untuk membekukan bahan pangan. Anggapan tersebut memang ada benarnya, namun sebuah freezer juga masih memiliki potensi untuk ikut andil dalam naiknya biaya listrik Anda setiap bulannya. Salah satu faktor penyebabnya adalah cara memilih freezer yang salah. Sebab, beda bentuk freezer beda juga konsumsi daya listrik yang digunakan.

Freezer box berbentuk upright cenderung lebih boros listrik jika dibandingkan dengan bentuk chest freezer. hal ini disebabkan karena freezer berbentuk upright ketika dibuka akan mengeluarkan hawa dingin di dalamnya, itu sebabnya freezer tersebut harus mengulang lagi semua proses untuk mendinginkan suhu dalam kotak pendingin tersebut. Beda halnya dengan chest freezer yang letak pintunya di atas yang tidak menyebabkan udara dingin bisa keluar dengan mudah. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat konsumsi daya listrik pada freezer yang Anda gunakan.

  1. Hidupkan freezer box secara musiman

Maksud dari cara ini adalah dengan menghidupkan freezer box hanya pada saat cuaca sedang panas saja dan menghindari pemakaian pada saat cuaca sedang dingin. Umumnya bahan pangan sangat membutuhkan suhu yang cukup dingin untuk bertahan agar tidak cepat membusuk akibat udara panas. Namun beda halnya dengan musim dingin, Anda tidak perlu menghidupkan freezer untuk mendinginkan bahan makanan kecuali untuk menjaga es agar tetap membeku.

  1. Lakukan freezer blocking

Untuk sebagian orang, teknik freezer blocking masih terdengar asing namun justru dapat membantu Anda dalam menghemat penggunaan listrik. Penjelasan sederhananya adalah dengan mengisi sebuah ruangan isolasi yang terdapat dalam freezer box dengan menggunakan kain yang yang cukup tebal atau meletakkan kotak isolasi di dalamnya. Dengan cara ini maka freezer hanya akan mendinginkan ruangan yang terdapat bahan makanannya saja karena akses udara ke ruangan isolasi sudah terblokir. Intinya, semakin sedikit ruangan yang didinginkan, semakin kecil juga daya listrik yang diperlukan. Terbayang bukan berapa rupiah yang bisa Anda hemat tiap bulannya dengan cara ini?

  1. Taruh kontainer air dalam ruang isolasi

Cara ini dikenal sebagai cara paling praktis untuk menghemat konsumsi daya listrik sebuah freezer box . Siapapun dapat dengan mudah melakukannya tanpa harus melakukan trik khusus. Caranya cukup mudah hanya dengan menempatkan wadah yang sudah terisi dengan air serta meletakkannya di ruang kosong dalam freezer tersebut. Air dalam wadah tersebut akan membeku dan berubah menjadi es yang secara teori es tersebut bisa menjadi media termal, atau dapat ikut membantu mendinginkan suhu di dalam freezer sekaligus meringankan kinerjanya.