5 Cara Cerdas Membangun Bisnis Lewat Internet dengan Sukses

5 Cara Cerdas Membangun Bisnis Lewat Internet dengan Sukses

Meskipun ada banyak kesempatan terbuka dalam dunia digital, masih banyak yang merasa bingung untuk memulai bisnis online. Padahal, kesempatan berbisnis secara online sangat terbuka tak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Bisnis lewat internet dianggap sebagai salah satu cara berwirausaha dengan modal minim. Bahkan bisa dilakukan di rumah sendiri. Beberapa success story yang berhasil membangun bisnis secara online benar-benar memahami masalah yang ada di sekitar dan mencari solusinya. Inilah yang harus dijajaki lebih awal.

Selain itu ada beberapa langkah lain yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis secara online. Yuk kita ulas satu persatu.

Kenali masalah di sekitar

Sebelum layanan ride sharing seperti Gojek diluncurkan, pendirinya mengamati masalah yang ditemukan di lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah kemacetan di Jakarta. Banyak yang kesulitan menghadapi kemacetan di Jakarta karena volume kendaraan yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Nah, dari masalah itulah seorang pebisnis atau wirausahawan harus memiliki insting yang cerdas untuk menemukan solusinya. Solusi paling murah dan affordable saat itu adalah dengan menembus kemacetan menggunakan sepeda motor.

Dari contoh di atas kamu bisa mulai mencari masalah yang dihadapi warga yang terjadi di lingkungan sekitar. Beberapa start up atau perusahaan digital rintisan berhasil mengembangkan ide sederhana dari masalah-masalah sederhana yang terjadi di lingkungan terdekat.

Cari solusi yang paling memungkinkan secara online

Dari masalah itu tugas kamu adalah memikirkan solusinya. Solusi memang tidak akan cukup sekali saja ditemukan. Butuh beberapa penyesuaian dari gagasan yang ada. Tapi, jika kamu sudah mendapatkan solusi awal untuk menyelesaikan masalah tersebut, lambat laun kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan warga yang menggunakannya.

Kenapa harus online? Karena dengan cara online, kamu bisa lebih banyak terhubung dengan orang lain sehingga akan semakin banyak yang mengetahui dan menggunakan produk kamu sendiri. Gojek tak perlu membeli banyak kendaraan, Grab pun demikian tak perlu membeli banyak mobil. Tetapi, dengan kekuatan digital, Gojek dan Grab bisa memiliki ribuan mitra.

Begitu juga dengan yang dilakukan oleh Kredivo. Kredivo memberikan solusi buat kamu yang ingin kredit hp online tanpa kartu kredit. Mungkin kamu pernah mengalami keadaan di mana hp-mu rusak atau spesifikasi yang dimiliki hp-mu saat ini gak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu, sehingga kamu butuh sebuah hp baru. Sedangkan di kondisi yang sama, kamu harus memakai dana yang dimiliki untuk kebutuhan lain yang gak kalah penting. Di sinilah Kredivo memberi solusi untuk kredit hp online tanpa kartu kredit. Kamu yang belum punya kartu kredit gak perlu menunggu proses pengajuan kartu kredit yang tak jarang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Sebagai gantinya, kamu bisa gunakan Kredivo, yang pengajuannya cuma membutuhkan tiga langkah mudah: unggah foto KTP, sambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi, dan sambungkan akun internet banking. Kurang dari 24 jam, pengajuanmu bisa langsung disetujui oleh pihak Kredivo.

Kredit hp online tanpa kartu kredit di Kredivo juga sangat rendah bunganya, yaitu hanya 2,95% per bulan. Bahkan kalau dibandingkan dengan perusahaan multifinansial sejenis, bunga Kredivo lebih rendah hingga 50%! Kamu juga bisa memilih masa cicilan dengan fleksibel ketika kredit hp online tanoa kartu kredit di Kredivo, karena Kredivo mempunyai beberapa pilihan tenor: 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Tinggal disesuaikan deh dengan kemampuan finansialmu. Daripada cuma dibaca, sebaiknya segera mulai kredit barang penunjang bisnismu menggunakan Kredivo. Informasi selengkapnya mengenai cara daftar dan persyaratan bisa kamu lihat di sini.

Pelajari kompetitor yang sudah ada

Jangan terlalu terpaku bahwa kamu harus menjadi yang pertama atau menjadi pioneer. Kamu juga bisa meniru kompetitor yang ada dengan memberikan layanan yang lebih baik. Contoh seperti persaingan secara sehat antara Indomaret dan Alfamart. Begitu juga dengan Gojek dan Grab.

Kalau sudah ada kompetitor, meskipun memang tak mudah tapi kamu tak boleh kalah langkah dengan kompetitor. Begitu juga jika kamu yang berhasil jadi perintis atau pioneer. Siap-siap ide bisnismu dicaplok oleh kompetitor! Supaya bisnismu terus berkembang, inovasi tiada henti mutlak untuk dilakukan. Setiap ada inovasi terbaru, niscaya kamu akan semakin jauh meninggalkan kompetitor. Ide memang mahal tapi jika kamu tidak mengeksekusinya dengan baik, ide tersebut akan menjadi tidak berguna.

Lakukan modifikasi agar bisa menjadi pembeda

Meskipun banyak pelaku bisnis yang menjalankan usaha di bidang yang sama, pasti masing-masing perusahaan punya identitas yang menjadi pembeda. Alasan itulah yang seharusnya menjadi landasan untuk memikirkan modifikasi dalam produk yang kamu pasarkan.

Modifikasi bisa dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan pasar. Jangan kebal dengan kritik dan saran di era digital. Justru dari suara konsumen itulah kamu bisa memodifikasi produk kamu agar bisa lebih diterima dan bermanfaat bagi pengguna.

Kalau sudah begitu, percaya deh. Pengguna bakal setia dan merekomendasikan produk kamu kepada orang lain. Marketing secara organik seperti ini justru yang memberikan banyak benefit untuk perusahaan yang kamu dirikan nantinya.

Buat tim untuk sukses bersama

Dua kepala tentu akan lebih baik daripada satu kepala. Sederhananya, sebuah keluarga tidak bisa disebut keluarga jika tidak memiliki anggota lengkap seperti pasangan suami istri dan anak-anak. Begitu juga dengan sebuah perusahaan. Perusahaan akan lebih maju dan lebih berkembang jika dijalankan bersama tim yang memiliki satu visi dan misi.

Itulah beberapa tips cara cerdas membangun bisnis lewat internet dengan sukses. Banyak perusahaan yang memiliki ide brilian tapi tak memiliki tim solid. Investor kini lebih melihat tim solid daripada produk brilian. Karena tanpa ada tim yang andal, produk dan ide sebrilian apapun tidak akan terwujud tanpa sentuhan emas dari seluruh timnya.