4 Penyebab Radiator Bocor yang Harus Anda Ketahui

4 Penyebab Radiator Bocor yang Harus Anda Ketahui

Banyak komponen mobil yang sederhana namun fungsinya sangat penting dalam memperlancar kerja mesin mobil menjadi tetap prima salah satunya adalah pada bagian radiator.

Radiator sendiri memiliki tugas utama sebagai pendingin pada bagian mesin ketika mesin sudah menyala dan berjalan sejauh apapun. Air radiator yang terbaik sampai sekarang anda bisa gunakan coolant namun banyak juga orang yang menggunakan air biasa dan ini kurang rekomended memang kalau bukan dalam kondisi terpaksa.

Perawatan sederhana dan melakukan service berkala pada bagian radioator ini sendiri mudah sebenarnya anda tinggal cek saja debit airnya, kemudian jika terlalu lama anda bisa kuras dan ganti dengan yang baru sambil membuang bekas bekas kotoran yang mungkin menempel pada bagian sisi pipa radioator tersebut.

Fungsi yang begitu berat ini memang menjadi salah satu faktor kenapa bagian radiator kerap bermasalah sampai dengan kebocoran yang tentu saja harus anda selesaikan secepat mungkin sehingga tidak merambat ke bagian yang lainya sehingga akan akan terhindar dari biaya servis mobil dadakan misalnya.Ok langsung saja kita bahas sebab sebab umum yang membuat radioator pada mobil mengalami kebocoran.

  1. Radiator Bocor Akibat Mampet

Penyebab yang pertama adalah terjadinya saluran yang tidak bekerja dengan baik alias mampet.

Bisa jadi ini di timbulkan karena banyak faktor salah satunya adalah ketika anda mengisi radiator menggunakan air baku misalkan akan banyak kotoran kecil yang ikut masuk, karena suhu yang semakin panas maka kotoran tersebut menjadi menumpuk.

Lambat laun secara perlahan dan akhirnya membuat saluran air radiator yang menuju mesin tersumbat, inilah yang membuat kita mengambil kesimpulan jika anda sebisa mungkin hindari menggunakan air baku dan yang terbaik tetap gunakan coolant sesuau standar nasional.

Kemudian penyebab lain juga bisa datang dari kelalaian dan rasa malas kita yang memiliki mobil misalkan tidak pernah melakukan pembuangan air radiator lama dan menggantinya dengan yang baru.

Secara teori baik air radiator dengan oli sama saja sebenarnya ada masa yang bisa anda jadikan acuan dasar dalam menguras atau menggantinya, kalau air radiotor standar ada bisa gunakan pedometer ketika sudah menempuh jarak per 40.000 km maka disarankan kuras dan ganti yang baru.

Banyak orang yang mengabaikan masalah ini, dimana mereka tidak berpikir jika air radiator juga lama kelamaan akan sampai pada titik jenuhnya dan akan mengahsilkan partikel kotoran juga akibat pembakaran dan suhu panas pada mesin.

Masalah inilah yang kerap kali menjadi sebab utama kenapa radiator mobil sering mengalami mampet alias tersumbat.

  1. Terkena Benda Asing

Kemudian faktor kedua bisa jadi ketika anda melakuan perawatan berkala mobil seperti membersihkan bagian mesin menggunakan alat alat tertentu anda secara tidak sadar menyenggol bagian selang radiator dan mengakibatkan adanya gesekan sampai pada kebocoran yang tidak terduga sama sekali.

Selain itu pengaruh benda asing seperti kerikil kecil juga bisa masuk tiba tiba ke dalam bagian mesin mobil anda setelah menempuh medan yang penuh pasir dan lumpur, maka sangat disarankan sekali dalam kondisi ini anda melakuan pencucian mobil dengan baik pastikan tidak ada krikil masuk dan mengendap pada bagian mesin.

  1. Kualitas Coolant Yang Jelek

Jangankan anda menggunakan air, beberapa kasus juga kerap kali terjadi ditemukan langsung yang menyangkut kualitas air radiator yang anda gunakan.

Sebagai contoh sederhana, anda menggunakan coolant yang sudah lama anda simpan di rumah anda mungkin sampai bertahun tahun dan tentu saja dari sisi kualitas sudah tidak layak pakai, namun anda paksakan gunakan.

Kondisi ini juga menjadi salah satu pemicu sederhana mengapa radiator anda cepat rusak maka lebih berhati hati, usahakan kalau memembli coolant di pabrik yang ada labelnya bukan yang abal abal dan bagusnya memang sekali pakai habiskan kalau tidak habis dibuang saja ini lebih aman.

  1. Radiator Bocor Karena Masa Pemakaian

Yang terakhir adalah bisa anda jadikan acuan dasar dalam mengetahui sebab musabab kenapa radioator anda rusak atau mampet.

Kondisi radiator yang sudah tua biasanya akan rentan rusak, secara teori masa pakai radiator sendiri kisaran 5 tahun sudah maksimal dan harus cepat diganti yang baru.

Semakin lama usia radiator akan berdampak pada menurunya kualitas, kemudian membuat dinding radiator menipis dan akhirnya mengalami kebocoran.