Porsi Whiskas Makanan Kucing

4 Pengaruh Musim Dingin terhadap Porsi Whiskas Makanan Kucing

Baik kucing kampung maupun kucing ras tertentu mengalami problematika yang sama ketika musim hujan tiba. Barangkali hanya Whiskas makanan kucing yang cocok untuk segala musim. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan betul-betul. Tujuannya biar semangat makannya terjaga di musim dingin.

1. Kucing di Musim Hujan Rentan Kena Penyakit

Apa saja penyakit yang biasa menyerang kucing saat musim hujan? Macam-macam. Ada demam, flu, penyakit kulit, sesak napas, masalah pencernaan, leptospirosis, distemper, dan lain-lain. Wah, cukup banyak, ya. Penyakit yang paling sering mampir ke tubuh kucing tentu saja flu.

Sebagai tuan yang baik, sebaiknya Anda kenali masing-masing gejalanya sebelum bertambah parah. Soalnya ketika kucing sudah telanjur kena penyakit, sulit untuk disembuhkan. Efek sampingnya bisa ditebak. Dia tidak akan mau lagi semangat makan seperti sebelumnya. Bahkan pada tataran tertentu, dia tidak mau makan, kecuali hanya sedikit sekali.

2. Selalu Arahkan Kucing untuk Buang Air di Luar Rumah

Kucing rumahan itu cenderung buang air di dalam rumah. Entah buang air besar maupun kecil. Demi kebersihan dan juga kerapian, harap biasakan kucing untuk buang air di luar rumah. Kalau perlu sediakan tempat khusus untuk buang air. Tentu saja untuk mewujudkan ini diperlukan skill khusus.

Mengarahkan kucing untuk buang air berbeda dengan mengajaknya makan. Kucing cenderung malu-malu ketika buang air. Oleh karena itu, kenali lewat tanda-tandanya. Kucing yang mau buang air pasti akan mondar-mandir tidak jelas. Sebetulnya dia tengah mencari tempat paling enak untuk buang air.

Kalau tanda-tanda itu dibiarkan saja, bukan tidak mugkin sang kucing akan buang air di tempat. Biar kucing terbiasa buang air di tempat khusus, sewa jasa pelatih kucing saja. Soalnya kalau kotoran kucing terbiasa keluar di rumah bisa merusak selera makannya. Terlebih lagi ketika musim dingin yang membuat teksturnya tidak mudah kering.

3. Mandikan Beberapa Kali Saja

Demi kesehatan kucing di musim hujan, harap mandikan dia beberapa kali saja. Jangan terlalu sering. Kucing memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk mengeringkan bulunya dengan cara dijilat-jilat. Bayangkan kalau kucing baru dimandikan tiba-tiba hujan turun deras. Udara pun berubah jadi basah. Kucing pasti merasa tidak nyaman.

Biasanya kucing akan berontak ketika dipaksa mandi di musim hujan. Dia tahu kalau dimandikan bakal susah keringnya. Kalau toh pakai hairdryer, dia tetap tidak suka panas yang tiba-tiba. Dampaknya Anda terpaksa mengurangi porsi makanan kucing gara-gara selera makannya terganggu.

4. Jangan Biarkan Kucing Keluyuran Sesukanya

Kucing yang sudah dewasa cenderung suka berkeliaran. Apalagi kalau dia sudah bertahun-tahun tinggal di rumah Anda. Istilahnya, cari pemandangan baru. Namun ironisnya, ketika dia keluyuran di musim hujan, pulang-pulang hampir selalu dalam keadaan basah. Efeknya dia terserang flu dan tidak nafsu makan.

Untuk mencegah hal itu, lebih baik cegah kucing kalau berniat mau keluyuran lagi di musim hujan. Coba alihkan perhatian dengan mengajaknya bermain. Kalau perlu, jadikan dia boneka seharian dengan cara dipeluk-peluk, dipermainkan, atau dengan lain-lain. Kalau tidak manjur juga, tidak ada cara lain kecuali harus memasukkan ke kandang. Demi kebaikannya.

Ketika kucing sudah kehilangan selera, makanan kucing enak merek apa pun tidak akan mempan. Merawat kucing di musim penghujan memang gampang-gampang susah. Anda harus biasakan diri dengan membagi-bagi waktu dengan adil. Ada kalanya fokus pada pekerjaan, tapi jangan lupakan kebutuhan wajib si kucing soal pemberian nutrisinya.