4 Cara Agar Smartphone Awet dan Tidak Cepat Rusak

4 Cara Agar Smartphone Awet dan Tidak Cepat Rusak

Bagi beberapa orang, memiliki smartphone bagus adalah impian yang cara mendapatkannya tidak mudah. Terlebih lagi bagi seorang anak yang ingin membelinya sendiri dengan menabung sisa uang jajannya. Atau untuk orang tua sederhana yang harus menabung demi membeli smartphone untuk anaknya. Untuk itu setelah membeli tentu mereka akan berharap smartphone tersebut awet dan tidak cepat rusak.

Berikut ini adalah 4 cara yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah membeli smartphone agar barang tersebut awet serta tidak mudah rusak.

  1. Teliti Sebelum Membeli

Sebelum membeli sebuah smartphone, tentu lebih baik kita mencari informasi mengenai vendor dan juga tipe smartphone tersebut. Apakah vendornya memang oke dan menghasilkan smartphone berkualitas baik. Apakah pengguna tipe tersebut banyak mengalami keluhan terkait pemakaian. Atau apakah banyak terjadi kerusakan pada smarthone tersebut setelah pemakaian beberapa bulan.

Hal ini sangat perlu, mengingat keterbatasan uang yang dimiliki tentu kita tidak ingin membeli barang yang cepat rusak. Selain itu jangan mudah terpengaruh harga yang murah atau mahal, karena masalah kualitas terkadang tidak linier dengan harganya. Anda pasti ingat kasus Galaxy Note 7 dari Samsung yang meledak di pesawat.

  1. Gunakan Aplikasi Secukupnya

Pada beberapa orang khususnya smartphone yang digunakan oleh anak anak. Aplikasi yang diinstal sangat banyak sekali sehingga smartphone bekerja dengan berat. Lebih baik gunakan aplikasi secukupnya dan juga instal aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi smartphone tersebut.

Misalnya kita punya smartphone dengan RAM 1 GB, maka sangat tidak mungkin kita menginstal aplikasi Rope Hero yang pada RAM 3 GB saja cukup berat untuk dijalankan.

  1. Gunakan Pelindung

Meskipun smartphone anda adalah barang yang mahal, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti jatuh ke lantai dan juga terkena air, maka lebih baik smartphone anda dilengkapi dengan pelindung.

Pelindung yang umum digunakan adalah screen guard pada layar smartphone, softcase atau hardcase pada bagian belakang smartphone. Serta bisa juga dilengkkapi dengan wadah yang anti air apabila kita meletakkan smartphone kita dekat dengan tempat yang bisa terpercik air misalnya dapur atau meja makan.

  1. Cas smartphone anda ketika baterai benar benar akan habis

Bagi beberapa orang, baterai yang penuh adalah alasan kenapa smartphone harus sering dicas. Padahal ini adalah hal yang tidak disarankan karena bisa membuat baterai ceepat ngedrop. Cara cas smartphone yang benar adalah ketika baterai habis atau baterai sudah akan habis (di bawah 10 persen).

Demikian 4 cara agar smartphone yang kita miliki bisa awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat.